Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

Heat Pipes: Kelebihan dan Kekurangan

Pipa Panas Konvensional

Pipa Panas Konvensional – Salah satu dari dua metode umum dalam mendinginkan sistem elektronik atau pada laptop itu adalah dengan menggunakan pipa panas konvensional. Penting untuk diingat bahwa pipa panas adalah perangkat yang bekerja berdasarkan prinsip konduktivitas termal dan transisi fase. Untuk mentransfer panas dari sumber panas ke antarmuka padat lainnya.

Secara lebih rinci, pipa panas bekerja dengan memindahkan panas dari sumber panas melalui cairan yang berubah menjadi gas saat dipanaskan. Mengalir di sepanjang pipa menuju permukaan yang dingin, dan kemudian mengembun kembali menjadi cair saat mendingin. Pergerakan cairan dalam pipa dapat di pengaruhi oleh aksi kapiler, gaya sentrifugal, atau gravitasi. Metode ini dapat di kategorikan sebagai sistem pendingin cair.

PRO: KEUNTUNGAN DAN MANFAAT PIPA PANAS

Keuntungan utama dari penggunaan pipa panas adalah biayanya yang lebih rendah di bandingkan dengan pendinginan ruang uap. Sehingga menjadikannya pilihan populer dalam banyak aplikasi, termasuk dalam desain perangkat keras konvensional yang ditemukan pada komputer desktop umum.

Penting untuk dicatat bahwa kelebihan utama dari metode pendinginan ini adalah efektivitasnya dalam mentransfer panas dari sumber panas ke kondensor yang jaraknya lebih jauh. Namun, perlu kamu ingat bahwa pendinginan ruang uap lebih ideal dalam menyebarkan panas secara keseluruhan.

Pipa panas cocok apabila gunakan dalam situasi daya rendah. Sebagai contoh, komputer desktop level pemula hingga menengah akan mendapatkan manfaat dari sistem pipa panas ini. Karena biaya pemasangan dan konfigurasi yang lebih rendah.

Keuntungan lain dari penggunaan pipa panas adalah fleksibilitas desainnya yang lebih baik ketika di terapkan pada sistem dengan komponen yang padat. Pipa dapat di tekuk dan di lilitkan di sekitar komponen yang berbeda. Sistem ini sangat ideal untuk memindahkan panas dari sumber ke area yang terpencil. Dengan jarak lebih dari 40 hingga 50 milimeter.

Fleksibilitas pipa panas juga berarti sistem ini cocok untuk skenario desain yang memerlukan perubahan arah, seperti arah-z atau arah-u. Sementara pendinginan ruang uap memiliki keterbatasan dalam desain arah-z. Karena biasanya merupakan sistem satu bagian, penerapan desain berbentuk-u bisa menjadi tidak praktis dari segi biaya.

KONTRA: KERUGIAN DAN KETERBATASAN PIPA PANAS

Namun, dengan tren pasar yang beralih ke penggunaan ruang uap dan proses manufaktur yang semakin baik, perbedaan biaya antara kedua sistem pendinginan menjadi semakin kecil.

Pipa panas juga bisa mahal. Pipa panas lebih cocok untuk mentransfer panas. Namun, mereka juga dapat di gunakan untuk menyebarkan panas dengan menggunakan beberapa pipa yang di tempatkan berdekatan satu sama lain. Konfigurasi ini dapat lebih mahal dan memakan lebih banyak ruang daripada ruang uap.

Pipa panas juga kurang ideal untuk situasi yang membutuhkan daya tinggi dan pendinginan yang efisien. Sistem pipa panas akan memerlukan banyak pipa untuk menghadapi tantangan termal, yang dapat menghasilkan biaya lebih tinggi dan pembatasan dalam pilihan desain. Ruang uap lebih cocok untuk situasi daya tinggi karena lebih efisien.

Kerugian lain dari penggunaan pipa panas adalah tidak cocok untuk situasi desain yang memiliki ruang terbatas, seperti pada laptop dan perangkat seluler. Sistem pendinginan ruang uap sangat ideal karena dapat dibentuk sesuai kebutuhan atau ditempatkan secara langsung pada sumber panas seperti CPU atau GPU khusus.

CATATAN TENTANG PRO DAN KONTRA, SERTA APLIKASI DAN KETERBATASAN

Harap diingat bahwa pipa panas digunakan untuk memindahkan panas dari sumber, sementara ruang uap digunakan untuk menyebarkannya. Aturan umum yang diterima adalah penggunaan pipa panas untuk sistem berdaya rendah dengan kebutuhan pendinginan rendah. Sedangkan ruang uap digunakan untuk menyebarkan panas.

Baik pipa panas maupun ruang uap adalah jenis pendingin cair yang memiliki kelebihan dan kekurangan unik jika dibandingkan dengan pendinginan tradisional berbasis udara atau kipas.

Sistem elektronik memerlukan sistem pendinginan yang efektif dan efisien untuk mencegah overheating dan kerusakan termal. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan pendinginan dari sistem elektronik tertentu sebelum memilih antara dua metode pendinginan yang umum ini.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Lexuspro.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785