Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Laptop Gaming

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Gaming

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Gaming – Jika Anda tertarik dengan video game, tak ada sistem yang lebih baik daripada PC. Anda dapat memilih dari berbagai jenis game, mulai dari pengembang indie hingga pengalaman AAA, dengan fleksibilitas untuk membeli dari berbagai toko digital dan memanfaatkan diskon besar.

Namun, apakah seharusnya Anda memilih untuk bermain game di laptop gaming? Produsen membuat laptop yang secara khusus di tujukan untuk para gamer, yang sering dilengkapi dengan komponen spesifikasi lebih tinggi daripada yang biasanya ditemukan pada laptop kantor tradisional. Mungkin Anda tergoda untuk membeli salah satu agar bisa bermain game saat sedang bepergian.

Kita akan mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan dari laptop gaming.

Kelebihan Laptop Gaming

1. Game Portabel

Salah satu keuntungan utama dari laptop gaming adalah kemampuan untuk membawa permainan Anda ke mana saja. Jika Anda sering bepergian, bermain game di ponsel dapat memenuhi kebutuhan hiburan Anda, tetapi tidak sama memuaskannya dengan bermain game pada layar yang lebih besar dan kontrol yang lebih baik.

Dengan laptop gaming, Anda dapat membeli semua game terbaru melalui platform seperti Steam dan GOG dan menikmati pengalaman bermain game, tidak peduli di mana Anda berada.

2. Desain

Umumnya, laptop gaming memiliki penampilan yang khas, seperti warna ramping, keyboard dengan pencahayaan RGB, dan bentuk yang unik. Meskipun desain dianggap sebagai pertimbangan penting untuk laptop biasa, namun desain laptop gaming pasti terkesan lebih bergaya.

3. Tidak Dibatasi oleh Yang Dapat Anda Mainkan

Anda tidak akan terbatas pada jenis game yang dapat di mainkan di laptop gaming karena mesin ini dilengkapi dengan perangkat keras yang kuat. Sebaliknya, laptop dengan spesifikasi rendah cenderung hanya mampu menangani game yang sederhana, sementara laptop gaming memiliki kemampuan untuk menangani game terbaru dengan tuntutan perangkat keras yang tinggi.

Jadi, apapun jenis game yang ingin Anda mainkan, baik itu rilis besar terbaru atau game indie yang lebih santai, laptop gaming dapat menangani keduanya dengan mudah.

4. Fungsi Seperti Laptop Biasa

Meskipun disebut sebagai “gaming”, hal itu tidak mengindikasikan bahwa laptop hanya baik untuk gaming saja. Faktanya, laptop tersebut juga dapat melakukan semua fungsi yang ada dari sebuah laptop biasa seperti menjelajahi internet, menonton film, memeriksa email, dan lain sebagainya. Selain itu, karena laptop gaming di lengkapi dengan perangkat keras yang kuat, hal ini memungkinkan untuk menjalankan tugas-tugas tersebut dengan lebih baik, bahkan dengan membuka banyak tab browser sekalipun.

5. Semuanya dalam Satu Mesin

Tidak perlu membeli monitor, keyboard, atau mouse terpisah saat Anda membeli laptop gaming. Beberapa laptop gaming bahkan menyertakan speaker dan mikrofon sehingga Anda mungkin tidak perlu membeli headset. Semua peralatan yang Anda butuhkan sudah terpasang dalam satu mesin, sehingga menghemat waktu dan uang untuk membeli perangkat tambahan.

Selain itu, jika ada masalah dengan laptop gaming saat masih dalam masa garansi, Anda dapat menghubungi produsen laptop dan meminta mereka untuk menyelesaikan masalahnya.

Kekurangan Laptop Gaming

Ini semua adalah alasan mengapa Anda harus menghemat uang dan menghindari membeli laptop gaming.

1. Mahal

Bermain game di PC bisa menjadi hal yang mahal, terutama ketika menggunakan laptop gaming yang lebih mahal apabila kita bandingkan dengan desktop. Meskipun mungkin memungkinkan untuk merakit komputer gaming desktop Anda sendiri, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan pada laptop dan membeli suku cadang yang mahal akan menambah biaya, sehingga produsen dapat menetapkan harga premium.

2. Daya Tahan Baterai Buruk

Semua game yang intensif dapat memberikan tekanan besar pada baterai laptop. Meskipun beberapa laptop gaming dilengkapi dengan baterai yang lebih kuat dibandingkan yang lain, umumnya daya tahan baterai hanya sekitar enam jam setelah diisi ulang sekali. Namun, beberapa laptop bahkan tidak dapat bertahan setengahnya.

Jika Anda tidak berniat untuk bermain game dalam perjalanan dan menghubungkan laptop ke sumber daya sepanjang waktu, Anda tetap perlu mempertimbangkan daya tahan baterai saat memilih laptop gaming yang cocok untuk Anda. Anda mungkin tidak ingin berpergian jauh tanpa pengisi daya saat sedang bermain game, yang akan membatasi pilihan Anda.

3. Rawan Overheating dan Bising

PC desktop umumnya menggunakan casing yang besar agar komponen memiliki ruang yang cukup untuk bernapas. Hal ini sangat penting karena hampir semua komponen dalam komputer menghasilkan banyak panas, sehingga kipas dan sistem pendingin lainnya sangat diperlukan.

Namun, pada laptop gaming, semua komponen harus masuk ke dalam ruang kecil yang tidak ideal untuk menyebarkan panas. Kipas di dalamnya harus bekerja sangat keras sehingga sering kali laptop gaming terdengar seperti helikopter yang lepas landas.

Sangat penting untuk menjaga agar komputer tetap dingin, tetapi hal ini sulit pada laptop. Karena itu, komponen laptop lebih cenderung mengalami kegagalan dalam jangka waktu yang lebih pendek daripada di PC desktop.

4. Sulit Ditingkatkan

Jika Anda ingin melakukan upgrade pada PC desktop, itu tidak terlalu sulit. Cukup buka casing, lepaskan komponen yang ingin Anda perbarui, dan pasang yang baru. Meskipun mengganti komponen seperti motherboard bisa sedikit lebih rumit, mengganti RAM atau GPU tidak terlalu sulit.

Namun, meng-upgrade laptop gaming bisa menjadi tantangan. Hal ini karena fakta bahwa perangkat ini produsen rancang dengan ketebalan satu inci untuk memaksimalkan ruang, dengan komponen berlapis satu sama lain. Oleh karena itu, mengganti bagian atau memperbarui laptop bisa sangat merepotkan. Dan jika Anda melakukan kesalahan, maka bisa merusak bagian atau komponen lainnya.

5. Touchpad Buruk untuk Game On

Keuntungan dari portabilitas dan kemandirian laptop gaming juga menjadi kelemahan. Hal ini berarti Anda harus menggunakan keyboard dan touchpad bawaan pada laptop, yang dapat membatasi pilihan Anda. Anda mungkin ingin menggunakan mouse eksternal dan mungkin keyboard yang lebih baik, yang dapat mengurangi keuntungan dari laptop gaming.

Haruskah Anda Membeli Laptop Gaming?

Jika Anda menginginkan perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan seperti penjelajahan internet, email, dan bermain game intensif saat sedang bepergian, laptop gaming mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu kita ingat bahwa laptop gaming tidak sebanding dengan desktop gaming tradisional dalam hal performa.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan Dek Uap Valve sebagai alternatif. Perangkat ini di rancang khusus untuk gaming PC kelas atas dan lebih portabel di bandingkan dengan desktop. Karena berjalan di Linux, Dek Uap Valve menawarkan lebih banyak keserbagunaan dibandingkan dengan konsol seperti Nintendo Switch.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Bang Amin Gadget.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?