Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
amd ryzen 5 7600x

Ryzen 5 7600X – Mungkin kamu udah gak asing lagi dan sudah pasti pada tahu ya dengan nama sebuah processor yang sangat terkenal ini. Ya betul, apalagi kalau bukan processor AMD Ryzen. Ryzen (dibaca RYE zen) merupakan sebuah CPU AMD yang ditujukan untuk server, desktop, workstation, PC pusat media, dan pasar all in one. 

Pada acara CES 2022, AMD meluncurkan beberapa processor baru yang memperluas jajajran CPU seri Ryzen 7000 mereka. Perusahaan ini memperkenalkan tiga varian processor non-’x’ yang mereka luncurkan kemarin bersama dengan tiga processor seri 7000X3D. 

AMD memiliki processor Ryzen 5 7600 dengan 6-core/12-thread dan TDP (Thermal Design Power) sebesar 65W. Secara teori, TDP yang rendah seharusmnya mengurangi kinerja dari processor tersebut, namun AMD mengklaim sebaliknya. 

Kemasan Processor

Processor ini dikirimkan dalam kotak standar dengan branding AMD Ryzen 5 di depannya. Berbeda dengan processor seri 7000’x’, Ryzen 5 7600 dikirimkan dengan pendingin di dalam kotak. Pendingin ini merupakan pendingin Wraith Stealth standar yang dikirimkan dengan processor seri Ryzen 5000 generasi sebelumnya. Adanya pendingin yang disertakan dalam kotak, meningkatkan posisi nilai processor. Pendingin Wraith Stealth ini juga lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna.

Spesifikasi

Spesifikasi AMD Ryzen 5 7600X

Cores6
Threads12
Base Block3,8 GHz
Max Boost ClockUp to 5,1GHz
L2 Cache6 MB
L3 Cache32 MB
PCI ExpressPCIe 5.0
Memory SupportDDR5 at 5200MT/s
Max Temp95 derajat
TDP65W
Manufacturing TechnologyTSMC 5nm FinFET
SocketAM5
ArchitectureX86/ AMD Zen 4
Warranty3 year limited warranty

Arsitektur

AMD Ryzen 5 7600 mendapatkan semua pembaruan arsitektur Zen 4 yang sama dengan Ryzen 7900X. Pembaruan ini mencakup peningkatan efisiensi daya, kecepatan clock dasar yang lebih cepat, die I/O 6nm baru yang menggabungkan mesin grafis berbasis AMD Ryzen APU yang lama, namun dengan dua unit komputasi dan frekuensi maksimum 2,2GHz, seharusnya dapat menjalankan sebagian besar layar modern dengan nyaman. 

Peluncuran CPU Ryzen seri 7000 juga termasuk pengenalan platform AM5. Ini beralih ke soket LGA, menghadirkan dukungan untuk memori DDR5 saluran ganda, PCIe 5.0, dan target daya yang lebih tinggi. Untuk saat ini, ada 4 chipset yang di umumkan untuk latform AM5 – X670E, X670, B605E, dan B650. Mereka diharapkan segera meluncurkan chipset kelas bawah. 

Ryzen Master / Overclocking

Meskipun Ryzen 6 7600 dirancang untuk menjadi penawaran nilai, AMD tidak menutup fitur seperti overclocking. Seperti yang diumumkan saat acara peluncurn mereka, seluruh jajaran processor seri 7000 akan mendukung overclocking, dan itu termasuk Ryzen 5 7600. 

Pada Windows, RyzenMaster AMD merupakan alat yang bagus untuk memantau kinerja CPU hingga ke setiap inti bersama dengan berbagai parameter lainnya. Alat ini juga memungkinkan pengguna melakukan overclock tanpa harus masuk ke pengaturan BIOS. 

Real World Performance

Target daya menjadi pembahasan yang menarik untuk Ryzen 5 7600. Tiga processor pertama dalam seri 7000 telat meningkatkan target daya hingga TDP 170W. Namun, varian non ‘x’ memiliki taret penguragan daya hanya 65W. Menurut klaim AMD, efisiensi daya ZEN 4 sangat baik sehingga Ryzen 5 7600 dapat bekerja hampir sebaik Ryzen 5 7600X (yang berjalan hingga 105W)

Menggunakan pendingin Wraith Stealth yang disertakan, kami menguji processor dengan beban sintetik dan beban permainan. Saat menjalankan stress test AIDA64, processor mencapau puncaknya pada 5,1GHz dan akhirnya turun menjadi 4,86GHz di semua core. Selama waktu ini processor mencapai puncak 72W dan suhu menyentuh maksimum 94,5°C. Ini adalah hasil yang mengesankan, mengingat berada dibawah beban sintetis yang tidak realistis dan dengan pendingin dalam kotak. Dibawah beban game, suhunya jauh lebih baik. Processor akan meningkatkan frekunsinya dengan nyaman kapan pun diperlukan, dan suhunya terkendali dengan baik.

Kesimpulan

Ryzen 5 7600 adalah processor hebat yang menawarkan peningkatkan kinerja dibandingkan Ryzen 5 5600X dengan tetap mempertahankan harga dan TDP yang serupa. Arsitektur Zen 4 AMD memiliki efisiensi daya yang mengesankan, dan Ryzen 5 7600 merupakan bukti nyata akan hal itu. Dan juga bisa performanya bagus untuk bermain game, dan kemampuan produktivitasnya juga cukup bagus. Peralihan ke AM5 menghadirkan dukungan untuk teknologi yang lebih baru seperti DDR5, PCIe Gen 5, teknologi AMD EXPO RAM, dan lainnya.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Bang Amin Gadget.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?