Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

Apa Spesifikasi Paling Penting untuk Laptop Gaming?

spesifikasi laptop gaming

Spesifikasi penting laptop gaming – Memasuki dunia laptop gaming bisa sangat mengasyikkan— Selain memainkan game yang banyak kapan pun Anda mau. Anda juga memiliki mesin yang sangat kuat untuk tugas sehari-hari.

Namun, menemukan laptop gaming yang tepat untuk Anda sendiri bisa sedikit rumit. Untuk membantu memudahkan keputusan Anda, mari jelajahi beberapa spesifikasi terpenting yang harus Anda cari di laptop gaming.

1. GPU Laptop Gaming

Salah satu fitur paling penting dari laptop gaming adalah GPU (unit pemrosesan grafis). GPU bertanggung jawab untuk menampilkan gambar, efek, dan animasi yang tajam dan detail dalam game.

Ketika mencari laptop gaming, pastikan untuk mencari yang memiliki GPU khusus dengan RAM independen (vRAM) dan prosesor sendiri. Kartu grafis terintegrasi yang biasanya ada pada laptop non-gaming tidak akan mampu menangani game yang lebih berat. Seperti Assassin’s Creed: Valhalla atau Hitman 3.

Beberapa faktor yang harus di perhatikan saat memilih GPU laptop gaming, antara lain model GPU yang semakin besar angkanya semakin baik performanya. Jumlah RAM yang di sertakan idealnya 6GB atau 8GB. vRAM khusus, dan penggunaan daya yang semakin tinggi wattnya semakin baik kinerjanya. Namun dengan peningkatan panas dan biaya masa pakai baterai.

Anda juga dapat mempertimbangkan GPU “Max-Q”, yang merupakan versi yang sedikit kurang kuat dari model GPU, namun cocok dengan laptop gaming yang lebih tipis, memberikan Anda pengalaman bermain game yang lebih dingin dan lebih tenang.

GPU seperti NVIDIA RTX 30-series menawarkan kinerja gaming yang luar biasa dengan fitur visual yang menarik seperti ray tracing. Namun, saat ini mungkin sulit untuk menemukan GPU karena kekurangan chip elektronik yang sedang berlangsung. Alternatifnya, Anda dapat mencari GPU seluler NVIDIA generasi sebelumnya, seperti seri RTX 20, atau GPU Seri AMD Radeon RX 5000M. Ingatlah bahwa GPU laptop gaming tidak dapat di upgrade. Jadi pastikan untuk memilih laptop dengan GPU yang tahan lama dan sesuai dengan preferensi gaming Anda.

2. CPU Laptop Gaming

CPU pada laptop gaming memiliki peran yang sama pentingnya dengan GPU. Pada saat bermain game, CPU bertanggung jawab untuk memproses instruksi game serta merekam input dari pemain.

CPU laptop gaming Anda akan bekerja sama dengan GPU-nya untuk menjalankan dan merender game dengan baik. Walaupun Anda memiliki GPU yang sangat kuat, namun bila CPU Anda buruk maka hal tersebut akan mengganggu pengalaman bermain game Anda.

Untuk menentukan CPU laptop gaming yang tepat, pastikan setidaknya Anda memilih prosesor Intel Core i7 generasi ke-10. Atau prosesor seluler AMD Ryzen 7, seperti Ryzen 7 4800H. Dengan spesifikasi tersebut, Anda dapat menjalankan game modern pada pengaturan yang layak serta mengoperasikan game lama dengan mudah. Jika Anda ingin menjalankan game yang sangat menuntut sumber daya pada pengaturan tertinggi, pertimbangkan untuk memilih CPU seperti prosesor Intel Core i9. Yang tidak terkunci atau prosesor seluler Ryzen 7 atau Ryzen 9 5000-series.

Seperti halnya GPU-nya, CPU laptop gaming tidak dapat di-upgrade, sehingga pastikan untuk memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan gaming dan anggaran Anda.

3. RAM

Untuk memastikan performa bermain game yang lancar, RAM pada laptop gaming sangatlah penting. Jika Anda sedang mencari laptop gaming, pastikan RAM-nya minimal 8GB DDR4 dan jika memungkinkan, 16GB agar RAM tidak menjadi faktor pembatas dalam pengalaman bermain game Anda. Meskipun 32GB RAM juga bisa digunakan, namun sebenarnya tidak di perlukan untuk bermain game secara optimal.

RAM adalah salah satu bagian dari laptop gaming yang bisa di upgrade secara manual, jadi Anda bisa membeli laptop gaming dengan RAM 8GB DDR4 yang sudah terpasang dan kemudian menambahkan RAM DDR4 8GB secara manual di lain waktu. Pastikan laptop yang dipilih memiliki slot RAM yang cukup dan dapat diupgrade ke RAM yang Anda inginkan.

Namun, pastikan untuk memperhatikan apakah model laptop gaming yang di pilih memiliki slot RAM yang cukup dan mendukung upgrade ke kapasitas yang Anda inginkan. Idealnya, laptop gaming modern harus memiliki slot RAM yang dapat menampung minimal 16GB atau maksimum 32GB RAM.

Perlu diingat juga bahwa RAM laptop berbeda dari vRAM GPU. Meskipun RAM sistem dapat di upgrade, vRAM tidak bisa di upgrade.

4. Resolusi Layar dan Refresh Rate

Laptop gaming telah mengalami kemajuan signifikan dalam hal layar yang menawarkan warna yang cerah dan akurat serta kecepatan refresh yang tinggi.

Laptop gaming modern umumnya hadir dengan layar full HD sebagai standar, dan banyak model menawarkan kecepatan refresh minimal 120Hz. Jika Anda mencari pengalaman bermain game 1080p yang lancar dengan batas 120FPS, ini adalah pilihan yang bagus.

Namun, jika Anda ingin meningkatkan kinerja dan frekuensi gambar, pertimbangkan layar dengan kecepatan refresh 144Hz, 240Hz, atau 360Hz, yang akan sangat membantu dalam game online yang kompetitif.

Anda juga dapat mempertimbangkan layar dengan resolusi lebih tinggi, seperti layar 4K atau layar 1440p (QHD), yang kini telah tersedia pada laptop gaming mainstream.

Namun, ketika mempertimbangkan layar dengan resolusi lebih tinggi, seperti layar 4K, perlu di pertimbangkan apakah investasi ekstra ini sepadan dengan performa yang di tingkatkan, serta pengaruhnya terhadap masa pakai baterai atau kekuatan yang di butuhkan untuk memainkan game di resolusi tersebut pada laptop Anda.

Dalam mempertimbangkan ukuran layar yang kecil pada laptop gaming, sebaiknya pilihlah layar dengan resolusi 1080p atau 1440p.

5. SSD atau HDD?

Ketika membeli laptop gaming, penting untuk mempertimbangkan opsi upgrade untuk ruang penyimpanan. Game modern memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar, jadi pastikan laptop Anda memiliki setidaknya 1TB ruang penyimpanan jika Anda ingin menyimpan banyak game. Beberapa laptop bahkan memiliki slot untuk dua drive penyimpanan sehingga Anda bisa memiliki satu untuk game dan satu lagi untuk file lainnya.

Selain itu, perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin menggunakan hard disk drive (HDD) atau solid-state drive (SSD) untuk penyimpanan. HDD akan memberi Anda lebih banyak ruang penyimpanan dengan harga yang lebih terjangkau, namun SSD jauh lebih cepat dan memberikan waktu loading yang lebih singkat. Banyak laptop gaming modern dapat di lengkapi dengan HDD dan SSD, serta opsi drive penyimpanan portabel.

6. Masa Pakai Baterai

Laptop gaming dikenal kurang tahan lama karena komponennya yang menuntut dan ini dapat mengurangi masa pakai baterainya.

Meskipun beberapa komponen yang kurang bertenaga dapat memperpanjang masa pakai baterai, namun hal ini juga dapat mengorbankan kinerja game. Sebaliknya, laptop gaming yang lebih kuat mungkin memiliki baterai yang kurang tahan lama, yang memperhitungkan alasan memilih laptop gaming yang kurang bertenaga. Meskipun baterai dapat di ganti, tetapi tidak dapat diupgrade.

Sementara baterai pada laptop gaming terus meningkat, jangan berharap baterai pada laptop gaming dapat bertahan lebih dari beberapa jam selama sesi permainan yang intens. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan laptop gaming yang di colokkan ke sumber listrik jika memungkinkan.

Jika Anda ingin membeli laptop gaming yang tahan lama, jangan hanya bergantung pada deskripsi produk, tetapi lebih baik melihat ulasan dari pemilik atau pengulas mengenai model yang Anda lihat.

Jika Anda tengah mencari laptop untuk bermain game, maka pertimbangkan hal-hal penting di atas ini!

Hal ini tidak selalu berkaitan dengan membeli laptop gaming dengan spesifikasi tertinggi yang ada, tetapi lebih tentang memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan juga terjangkau. Terdapat beberapa cara yang dapat di lakukan agar memperoleh pengalaman bermain game yang memuaskan dengan laptop yang di miliki.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Bang Amin Gadget.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?