Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Laptop Gamingmu!

Kesalahan Yang Harus Dihindari

Kesalahan Yang Harus Dihindari Laptop gaming telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan konsumen yang menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk mendapatkan laptop yang paling cocok untuk kebutuhan mereka. Untuk memberikan produk yang pantas mereka dapatkan, produsen laptop sangat serius dalam mengembangkan mesin game portabel yang sempurna. Banyak penelitian, anggaran, dan waktu yang di gunakan untuk membuat laptop gaming yang dapat menyeimbangkan daya dengan portabilitas dan tampilan yang menarik.

Namun, memiliki laptop gaming terbaik untuk pengalaman bermain game yang sempurna bukanlah satu-satunya hal yang harus di lakukan setelah mengeluarkan uang untuk membelinya. Selain itu, sangat penting untuk melakukan segala sesuatu yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan kinerjanya dan mendapatkan hasil terbaik dari laptop gaming yang mahal tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang perlu di hindari agar kinerja laptop gamingmu dapat mencapai potensi penuhnya. Oleh karena itu, kamu harus menghindari lima “larangan” dan “jangan pernah” berikut ini agar dapat mengoptimalkan penggunaan laptop gamingmu.

1.  Jangan Pernah Puas Dengan Pengaturan Bawaan

Kesalahan Yang Harus Dihindari Setelah kamu membeli dan menginstal laptop gaming baru, sangat di sarankan untuk mengubah pengaturan kinerja dan baterainya secepat mungkin. Meskipun ini mungkin terlihat seperti penyesuaian sederhana, membiarkan pengaturan bawaan dapat menurunkan kinerja mesin gim kamu karena sering kali di buat untuk membatasi daya agar baterai tidak cepat habis.

Kamu bisa menyesuaikan sebagian besar pengaturan di Windows 11 melalui opsi Daya & baterai untuk memastikan kinerja optimal. Pastikan kamu mengatur mode Performa dan menonaktifkan opsi tidur. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kecepatan penyegaran melalui pengaturan Tampilan untuk memastikan game PC berjalan lancar di layar kamu.

Pastikan juga bahwa driver grafis kamu telah di perbarui dengan benar. Karena seringkali ada pembaruan yang harus di instal agar kinerjanya lebih baik. Meskipun kamu mungkin mengira bahwa driver akan di perbarui secara otomatis saat booting, namun kenyataannya kamu harus menginstal setidaknya satu pembaruan baru. Jika kamu menggunakan GPU Nvidia, kamu dapat mengunduh alat GeForce Experience dan mengatur pembaruan melalui itu. Sedangkan jika kamu menggunakan GPU AMD, unduhlah perangkat lunak Radeon dari Drivers + Download Center.

2.  Jangan Aktifkan Fitur Keamanan Windows

Sejak Windows 11 di perkenalkan pada tahun 2021, banyak pengguna yang mengeluh tentang efek negatif VBS (Keamanan Berbasis Virtualisasi) terhadap kualitas gameplay.

Meskipun fitur ini dapat dengan mudah di nonaktifkan untuk memastikan kinerja maksimal pada game PC kamu, namun baru-baru ini menemukan bahwa pengaturan VBS dapat secara otomatis beralih kembali setelah pembaruan sistem operasi terbaru, meskipun pengaturan sebelumnya sudah di nonaktifkan.

Dampaknya, pengalaman bermain game dapat mengalami penurunan frekuensi gambar dan kinerja sekitar 5%. Tergantung pada game yang di mainkan, bahkan dengan menggunakan kartu grafis terbaik seperti Nvidia RTX 4090. Jika kamu telah mengeluarkan uang untuk membeli laptop gaming dengan kartu grafis yang kuat, maka pastikan untuk memperhatikan hal ini agar kinerja laptop gamingmu tidak terganggu.

Meskipun kamu menggunakan kartu grafis yang kuat seperti Nvidia RTX 4090, penurunan performa akibat fitur VBS yang bermasalah di Windows 11 dapat terjadi bahkan pada perangkat yang tinggi spesifikasinya. Ini menjadi masalah khususnya bagi pengguna laptop gaming yang menginginkan kinerja terbaik dari kartu grafis yang mereka miliki.

Namun, mematikan fitur VBS cukup mudah di lakukan dengan mencari Isolasi Inti dan mematikan opsi Integritas Memori. Dan kemudian memeriksa apakah ‘keamanan berbasis virtualisasi’ sudah di nonaktifkan. Sayangnya, kamu mungkin perlu mengulangi proses ini setiap kali ada pembaruan sistem operasi.

3.  Jangan Melepasnya Dari Daya AC

Untuk laptop gaming, satu-satunya aturan penting adalah jangan mencoba bermain game tanpa koneksi daya listrik, kecuali kamu ingin memindahkan perangkat secara fisik ke tempat lain. Laptop gaming di desain agar dapat bermain game dengan pasokan daya yang stabil dan tanpa batas, dan meskipun kamu menyetel pengaturan dan mengaktifkan mode Performa. Menggunakan daya baterai akan mengurasnya dalam beberapa jam dan merusak performa laptop kamu. Sebaliknya, laptop gaming portabel agar mudah di bawa ke lokasi yang berbeda seperti rumah teman atau kantor, tanpa harus membawa meja yang besar. Oleh karena itu, pastikan selalu menancapkan laptop ke soket listrik.

Untuk memastikan bahwa laptop selalu siap di gunakan, periksa pengaturan daya lanjutan di Control Panel. Dan pastikan untuk mengatur opsi berikut menjadi Never for plugged-in: Turn off hard disk after, Turn off Display after, dan Sleep after. Ini akan mencegah laptopmu masuk ke mode tidur jika tidak di gunakan untuk waktu yang lama dan mengganggu sesi gamemu.

4.  Jangan Halangi Lubang Ventilasi

Sistem pendingin yang kuat sama pentingnya dengan memiliki kartu grafis terbaik. Ketika kamu menggunakan laptop gaming yang sudah lama atau memiliki sistem pendingin yang buruk, performa keseluruhan bisa terganggu.

Karena tidak ada cara yang andal untuk menghilangkan panas ekstra yang terakumulasi di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan terhadap laptop gaming potensialmu dan memastikan bahwa sistem pendinginnya memadai. Serta mengetahui berapa banyak dan di mana posisi ventilasinya.

Lokasi ventilasi sangat penting, karena kamu ingin laptop kamu mampu mengeluarkan panas dari tempat yang tidak mudah terhalang. Beberapa titik yang baik termasuk bagian samping dan belakang laptopmu, karena posisinya cukup jelas untuk menghilangkan panas secara terus-menerus.

Ventilasi pada bagian bawah juga penting karena area tersebut cenderung mengumpulkan panas terbanyak. Namun, apabila salah satu area tersebut terhalangi, kipas harus bekerja lebih keras. Mengurangi daya yang seharusnya digunakan untuk performa gameplay.

Oleh karena itu, hindari meletakkan benda di dekat ventilasi samping atau belakang, serta jangan menempatkan laptop pada permukaan seperti selimut atau kain yang dapat menghalangi ventilasi bawah.

5.  Jangan Berasumsi Bahwa Overclocking Akan Memberikan Performa Terbaik

Idea umum overclocking PC atau laptop gaming adalah dengan mendorong GPU (atau komponen lain) ke batasnya untuk meningkatkan performa dan menghasilkan gameplay yang lebih baik.

Namun, terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti metode overclocking yang dipilih, kinerja GPU dan CPU, serta masalah kemacetan. Yang terkait dengan GPU seri RTX 4000 yang dapat menghambat kinerja CPU Core generasi ke-13.

Dalam beberapa kasus, tidak melakukan overclock pada laptop gaming mungkin merupakan pilihan terbaik. Terutama jika laptop kamu sudah menjalankan RTX 4090 dan sudah mengikuti saran yang di berikan dalam daftar ini.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa overclocking ringan dapat memengaruhi kinerja secara negatif. Seperti Lenovo Legion Pro 7i yang mengalami penurunan besar dalam kecepatan bingkai jika salah satu opsi di perangkat lunak Lenovo disentuh.

Namun, tentu saja, kamu dapat bereksperimen dengan rig gaming kamu dan melihat apa yang paling cocok untuk kamu. Jangan ragu untuk mengabaikan opsi overclocking jika terjadi penurunan performa.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Bang Amin Gadget.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?