Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

Perbandingan Kinerja RTX 4070 Ti dan RTX 3080 Ti

perbandingan kinerja vga

Perbandingan Kinerja VGA

Sudah saatnya bagi kamu untuk mencari kartu grafis baru karena kartu grafis kamu saat ini tidak cukup baik untuk memainkan game favoritmu. Namun, ada kabar baik karena ada banyak pilihan kartu grafis yang tersedia dalam berbagai rentang harga dan menawarkan kinerja game yang sangat baik. Kami akan memberikan perbandingan antara GeForce RTX 4070 Ti dan GeForce RTX 3080 Ti dengan detail, sehingga kamu dapat memilih kartu mana yang tepat untuk kebutuhan performa gamemu. Mari kita bahas lebih lanjut.

Hasil benchmark game 4K kami menunjukkan bahwa GeForce RTX 4070 Ti memiliki keunggulan rata-rata sebesar 13 FPS dibandingkan dengan GeForce RTX 3080 Ti, yang membuatnya menjadi 15,3% lebih unggul dalam performa. Selain itu, GeForce RTX 3080 Ti menggunakan daya yang lebih banyak sebesar 15,3%.. Dari sumber daya PSU dibandingkan dengan GeForce RTX 4070 Ti dalam pengujian game 4K kami. Perlu diingat bahwa angka-angka tersebut berasal dari overlay perangkat lunak dan bukan dari NVIDIA PCAT. Sehingga mungkin ada sedikit kesalahan. Harga GeForce RTX 3080 Ti terdaftar sebesar $899, yang 12,5% lebih mahal dari GeForce RTX 4070 Ti yang dijual mulai dari $799. GeForce RTX 4070 Ti didasarkan pada arsitektur terbaru NVIDIA, yaitu Ada Lovelace, dan dibangun dengan proses 4nm, sedangkan GeForce RTX 3080 Ti didasarkan pada arsitektur Ampere NVIDIA sebelumnya dan dibangun dengan proses 8nm.

Arsitektur

Perbandingan Kinerja VGA- Ayo kita bahas perbedaan utama antara kedua kartu NVIDIA ini yang sangat mencolok dalam hal arsitektur. Saat kamu beralih dari GeForce RTX 3080 Ti ke GeForce RTX 4070 Ti, kamu akan melihat perbedaan arsitektur yang sangat besar, karena ini adalah perpindahan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya.

GeForce RTX 4070 Ti merupakan salah satu kartu grafis terbaru dari NVIDIA yang menggunakan arsitektur terbaru bernama Ada Lovelace. Dengan menggunakan chip AD104, kartu grafis ini memiliki 35.800 juta transistor dan terdiri dari maksimal 7680 inti CUDA. Saat ini, tidak ada kartu grafis lain yang menggunakan chip AD104, tetapi di tahun 2023, kartu grafis lain yang menggunakan arsitektur ini akan segera hadir. Arsitektur ini di buat dengan menggunakan teknologi pengecoran TSMC yang baru dan sangat efisien dengan proses 4nm.

Namun di sisi lain, terdapat GeForce RTX 3080 Ti yang merupakan kartu grafis yang sangat powerful berbasis arsitektur Ampere. Kartu ini menggunakan GPU GA102 dengan teknologi pembuatan 8nm dari Samsung dan terdiri dari 28.300 juta transistor. Meskipun tidak seefisien seperti AD104, NVIDIA telah meningkatkan aspek lainnya untuk menutupi kekurangan tersebut.

Beruntungnya, jika kamu menggunakan kartu ini, kamu akan mendapatkan jumlah inti CUDA yang maksimal yaitu 10752, yang merupakan kelebihan dari chip GA102. NVIDIA memiliki sejumlah kartu grafis lainnya yang menggunakan GPU ini, seperti GeForce RTX 3090, GeForce RTX 3080, GeForce RTX 3090 Ti, dan sebagainya.

Jika kamu tidak tertarik dengan arsitektur NVIDIA sebelumnya, dan mencari sesuatu yang terjangkau namun tetap menghasilkan kinerja yang baik, maka kamu dapat melihat panduan kami mengenai Kartu Grafis RTX 3060 Ti Terbaik pada tahun 2023. Kartu ini sangat ramah anggaran dan memiliki beberapa spesifikasi serta kinerja yang hebat.

Memory dan Clock Speeds

Perbandingan Kinerja VGA Tentang aspek desain kartu grafis GeForce RTX 4070 Ti, tidak banyak informasi yang dapat di sediakan karena NVIDIA tidak merancangnya secara langsung. Sebagai gantinya, NVIDIA mengandalkan mitra OEM-nya, seperti MSI, Zotac, dan ASUS, untuk menghasilkan desain kartu tersebut. Jadi, jika kamu ingin melihat desain dari kartu ini, kamu harus melihat apa yang di buat oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Sementara itu, kartu grafis GeForce RTX 3080 Ti memiliki salah satu desain favorit dari NVIDIA. Yang terdiri dari satu kipas blade di bagian depan dan satu di bagian belakang. Tujuannya adalah untuk mendorong udara panas keluar dari kartu grafis dari bagian belakang. Sementara udara dingin di sedot masuk dari sisi lainnya menggunakan kipas pisau yang lain.

Karena mitra OEM NVIDIA mengandalkan sistem pendingin yang unik untuk meningkatkan harga jual kartu grafis mereka, sebagian besar dari mereka akan menawarkan desain tiga kipas saat kamu mencari GeForce RTX 4070 Ti. Namun, yang perlu di ingat adalah bahwa kartu grafis ini memerlukan banyak ruang di dalam casing PC karena bahkan GeForce RTX 3080 Ti sendiri memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang mencapai 11,2 inci (285mm).

Memory dan Clock Speeds

Perbandingan Kinerja VGA Secara mengejutkan, GeForce RTX 3080 Ti ternyata memiliki keunggulan di atas lembar spesifikasi dalam hal kecepatan clock. Namun, hal lain yang terlihat lebih mengesankan pada GeForce RTX 4070 Ti. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai performa keduanya terlebih dahulu. GeForce RTX 4070 Ti memiliki kecepatan clock dasar 2310MHz. Dan kecepatan clock boost 2610MHz, sehingga memberikan ruang sebesar 300MHz untuk overclocking.

Sementara itu, GeForce RTX 3080 Ti memiliki kecepatan clock dasar 1365MHz dan kecepatan clock boost 1665MHz. Memberikan juga ruang sebesar 300MHz untuk overclocking.

Meskipun demikian, jika kamu menghitung perbedaan antara kecepatan overclock kedua GPU. Kamu akan mengetahui bahwa GeForce RTX 4070 Ti dapat berjalan 945MHz lebih cepat. Daripada GeForce RTX 3080 Ti saat keduanya di -overclock pada kecepatan clock tertinggi.

Dalam aspek memori atau VRAM, GeForce RTX 3080 Ti memiliki performa yang sangat baik. Kedua kartu grafis ini memiliki kapasitas memori GDDR6X 12GB, namun GeForce RTX 3080 Ti memiliki BUS memori 384-bit yang lebih besar daripada BUS memori 192-bit pada GeForce RTX 4070 Ti. Dengan bandwidth 912,4GB/dtk di bandingkan dengan 504,2GB/dtk. GeForce RTX 3080 Ti memiliki kecepatan yang lebih tinggi sebesar 408,2GB/dtk di bandingkan dengan GeForce RTX 4070 Ti.

Jika kamu tertarik untuk melihat bagaimana GeForce RTX 3080 Ti bersaing dengan GPU seri 40XX yang memiliki kecepatan clock, RAM, dan core CUDA yang lebih baik, kamu dapat melihat perbandingan RTX 4090 Vs RTX 3080 Ti yang kami sediakan dengan rinci.

Ray Tracing dan Akselerasi AI

Meskipun keduanya di lengkapi dengan teknologi ray tracing dan grafis yang di percepat AI, GeForce RTX 4070 Ti. Menawarkan lebih banyak fitur karena menggunakan arsitektur baru dengan inti RT dan inti tensor generasi terbaru. Yang tidak dimiliki oleh GeForce RTX 3080 Ti.

Saat memainkan game favorit di GeForce RTX 3080 Ti, kamu masih bisa mengaktifkan DLSS. Namun performa bingkai yang di tambahkan di dukung oleh inti tensor generasi ketiga. Sedangkan GeForce RTX 4070 Ti di dukung oleh inti tensor generasi keempat.

Begitu juga dengan performa ray tracing dari kedua kartu, GeForce RTX 3080 Ti memiliki 80 core RT. Di bandingkan dengan 60 RT core pada GeForce RTX 4070 Ti. Namun, GeForce RTX 4070 Ti menggunakan inti RT generasi kedua. Yang lebih baru di bandingkan dengan inti RT generasi pertama pada GeForce RTX 3080 Ti.

Mana Yang Cocok Untukmu?

Perbandingan Kinerja VGA kamu perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membuat keputusan pembelian. Pertimbangkan kebutuhan kamu dan apa yang kamu mampu lakukan saat ini.

GeForce RTX 3080 Ti menawarkan kecepatan jam memori, bandwidth RAM, dan lebar BUS yang lebih baik. Selain itu, ia memiliki lebih banyak inti CUDA, inti RT, dan inti tensor dengan TMU dan ROP yang lebih baik daripada GeForce RTX 4070 Ti.

Namun, GeForce RTX 4070 Ti memiliki clock dasar dan boost clock yang lebih tinggi serta arsitektur baru. Yaitu Ada Lovelace yang merupakan penerus Ampere. Dengan adopsi arsitektur baru ini, kamu akan mendapatkan akselerasi AI dan ray tracing generasi berikutnya yang lebih baik pada GeForce RTX 4070 Ti.

Dalam uji coba game 4K, GeForce RTX 4070 Ti menang dengan skor FPS yang lebih tinggi sebesar 16% di bandingkan dengan GeForce RTX 3080 Ti. Oleh karena itu, pilihan terbaik akan bergantung pada kebutuhan dan anggaran kamu saat ini.

Selain itu, GeForce RTX 4070 Ti lebih efisien dalam hal penggunaan daya dan dapat membantu mengurangi biaya tagihan listrik kamu sebesar 15,3%. Di bandingkan dengan GeForce RTX 3080 Ti.

Selain itu, kedua kartu grafis ini memiliki statistik termal yang serupa. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk pendinginan yang lebih baik dengan salah satu kartu.

Pada akhirnya, perlu di catat bahwa GeForce RTX 3080 Ti lebih mahal sebesar 12,5% daripada GeForce RTX 4070 Ti yang merupakan penerusnya.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Lexuspro.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785