Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post
Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors
post

Cara Laptop Gamingmu Tidak Overheat Saat Bermain Game

laptop gaming, overheat, udara, debu, sirkulasi,

Banyaknya pilihan laptop gaming saat ini, membuat kamu tidak perlu bingung lagi ketika ingin membeli laptop gaming untuk kebutuhan bermain game kamu namun terkadang masalah overheat bisa menyerang laptopmu. Tetapi bermain game membutuhkan banyak sumber daya dan menghasilkan banyak panas. Ketika panas menjadi terlalu tinggi, itu dapat menyebabkan laptop kamu melambat dan membuat pengalaman yang tidak menyenangkan.

Apa Yang membuat Laptopmu Overheat?

Sebelum Anda mulai mendiagnosis dan mencoba memperbaiki masalah overheat tersebut, penting untuk memahami apa yang menyebabkan laptop kamu panas atau overheat. Berikut adalah alasan paling umum laptop cepat panas!

1. Penumpukan Debu

Pada dasarnya, laptop adalah magnet debu. Laptop menggunakan udara untuk mendinginkan komponen dengan menarik udara dingin masuk dan mendorong udara hangat keluar dengan kipas. Saat udara dan debu bergerak melintasi permukaan di dalam laptop, hal itu menghasilkan muatan listrik. Hal ini menyebabkan beberapa debu di udara menempel pada permukaan bermuatan berlawanan di dalam laptop. Seiring waktu, penumpukan debu dapat menyebabkan pembatasan aliran udara yang serius, yang menyebabkan panas berlebih.

2.  Sirkulasi Udara Buruk

Saat komponen komputer mengandalkan pendingin udara, pembatasan aliran udara dapat menyebabkan masalah serius. Tapi penumpukan debu bukan satu-satunya penyebab terjadinya pembatasan aliran udara. Sebagian besar laptop memiliki ventilasi masuk di bagian bawah untuk memungkinkan udara dingin mencapai komponen di dalam komputer. Saat kamu menggunakan laptop gamingmu di permukaan yang lembut, seperti selimut atau selimut di tempat tidur, ventilasi ini dapat tersumbat dan membatasi aliran udara. Pabrikan laptop terkadang mengorbankan kapasitas untuk tetap tenang dalam upaya tanpa henti untuk mengurangi ukuran sasis. Dengan perangkat keras yang kuat yang dijejalkan ke dalam komputer kecil dengan aliran udara yang berkurang, tidak heran mengapa beberapa komputer menjadi panas, tidak peduli seberapa bersihnya.

3. Kipas Yang Tidak Berfungsi

Komponen modern yang haus daya seperti CPU dan GPU cenderung menghasilkan banyak panas. Karena itu, heat sink digunakan untuk mengalirkan panas dari komponen dan keluar dari sistem. Untuk mencapai perpindahan panas yang optimal dan memaksimalkan pendinginan, pabrikan menggunakan pasta termal atau bantalan termal untuk membuat segel kedap udara antara unit pendingin dan CPU/GPU. Namun, pasta termal dan bantalan termal akan mengering seiring waktu. Hal ini menyebabkan segel yang kurang efektif antara unit pendingin dan komponen, yang dapat memengaruhi perpindahan panas secara negatif. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan masalah overheating. Untuk sebagian besar laptop, kipas berfungsi sangat penting. Karena mereka menggunakan kipas untuk mendorong udara melintasi heat sink dan membuang panas keluar dari samping atau belakang. Kipas yang tidak berfungsi dapat sangat menghambat kinerja pendinginan dan menyebabkan masalah panas berlebih.

Bagaiamana Mengenalinya Jika Laptop Kamu Mengalami Overheat?

1.  Kebisingan Kipas Tidak Normal

Jika kipas kamu mengeluarkan suara yang tidak normal, seperti bunyi klik, desingan, atau suara tidak normal lainnya, kemungkinan besar kipas kamu tidak berfungsi, dan laptop kamu kepanasan. Gunakan ini sebagai indikasi untuk menyelidiki masalah lebih lanjut.

2.  Pelambatan Thermal

Komponen komputer seperti CPU dan GPU cenderung menghasilkan banyak panas. Di bawah beban berat, seperti saat bermain game, suhu tinggi biasa terjadi. Namun komponen ini memang memiliki batas termal, sehingga ketika batas termal tersebut tercapai, komputer akan secara otomatis menurunkan kecepatan clock untuk menurunkan suhu. Ini dikenal sebagai “pelambatan termal”. Pelambatan termal adalah indikator yang jelas bahwa komputer kamu terlalu panas. Jika kamu mulai melihat penurunan acak dalam kinerja laptop, kemungkinan besar laptop kamu mengalami pelambatan thermal.

3.  Distorsi Visual

Efek potensial lain dari panas berlebih yang parah adalah distorsi visual. Jika kamu mulai melihat hal aneh dan distorsi visual pada layar laptopmu saat bermain game, kamu mungkin mengalami masalah dengan GPU yang terlalu panas.

Cara Memperbaiki Laptop Overheat

Jadi udah tahu nih penyebab laptop kamu mengalami overheat, dan kamu ingin memperbaikinya. Tapi gimanasih caranya? Ini dia langkah sederhana untuk sedikit memperbaiki masalah overheat pada laptop kamu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan suhu laptopmu, check it out!

1. Bersihkan Laptop

Jika lubang masuk atau keluar udara pada laptopmu tersumbat oleh debu dan rambut, atau mesin laptop kamu bekerja dengan panas yang tidak normal, inilah saatnya untuk membersihkan laptop kamu dengan baik. Jika kmu tidak tahu cara membuka casing, carilah panduan pembongkaran pada model khusus laptop kamu. Berhati-hatilah agar tidak kehilangan sekrup apa pun dan pastikan laptop dicabut dan dimatikan sebelum menyentuh apa pun di dalam casing. Atau kamu bisa bawa laptop kamu ke Bang Amin IT untuk melakukan maintenance hardware.

2. Ganti Kipas Yang Rusak

Saat kamu membuka laptop, hidupkan dan perhatikan kipasnya. Jika kamu memperhatikan bahwa kipas kamu mengeluarkan suara aneh atau tidak berfungsi, maka kamu harus menggantinya. Kamu dapat dengan mudah menemukan kipas pengganti untuk sebagian besar laptop dengan mencari merek dan model laptopmu, dan tidak mahal atau sulit untuk diganti.

3. Ganti Pasta/Bantalan Thermal

Jika kamu mengalami kesulitan membongkar laptop untuk membersihkannya, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengganti pasta dan bantalan termal . Meskipun pasta termal dapat bertahan selama bertahun-tahun, bahkan laptop yang lebih baru pun dapat memperoleh manfaat dari pasta termal aftermarket yang baik, karena pabrikan cenderung memilih opsi termurah yang tersedia.

4. Letakkan Laptop Gamingmu diatas Cooling Pad

Mungkin periferal terbaik untuk laptop apa pun, bantalan pendingin adalah cara terbaik untuk menurunkan suhu dan mencegah panas berlebih. Tidak hanya meningkatkan aliran udara ke laptop Anda, tetapi juga menopangnya ke posisi yang lebih ergonomis. Plus, mereka datang dalam banyak warna, dari RGB hingga desain yang lebih sederhana .

Cek terus website LEXUSPRO untuk berbagai macam informasi tentang laptop gaming yang kamu inginkan.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Laptop Performa Menurun dan Ngelag

Awalnya saya ada laptop performa menurun dan ngelag, panas, kipas berisik,dan tidak bisa menjalankan lebih dari dua aplikasi. Karena ingin Laptop saya kembali normal dan

Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot

Saya mau share nih Solusi Laptop Bluescreen dan Lemot, yang mana laptop ini tuh sering banget Bluescreen dan lemot parah. Pas nyalain laptop aja lama

Maintenance Laptop Panas dan Lemot

Maintenance Laptop panas dan lemot di Bang Amin IT Gadget sangat saya rekomendasikan banget. Disana laptop kita di cek dulu permasalahannya baru tinggal konfirmasi untuk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Lexuspro.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785